Senin, 28 Mei 2012

dewasa itu #edisi bercerai


“Bentar lagi temenku mau kesini. Ck, dia itu nggak dewasa dewasa, malam-malam gini udah punya anak juga, main keluyuran anaknya dibawa-bawa, kasian kan dingin”

“emang dia siapa?”

“temen deketku dulu waktu SMA, udah nikah, udah punya anak juga, trus sekarang udah cerai, ck, dia tu nggak dewasa-dewasa ki lho, sebel kadang kalo dicurhatin, tetep aja sifatnya kek gitu...”

“oohhh”

Poin satu, dicurhatin orang gak dewasa itu kadang-kadang nyebelin. Poin dua, langsung ngebayangin seberapa ababil kah dia sehingga di cap tidak juga kunjung dewasa, padahal udah punya anak ketambahan udah cerai juga.


Jadi penasaran kepingin ketemu orangnya, kebetulan lima menit lagi sampai, dari obrolan-obrolannya nanti bakal keliatan gimana orang-orang bisa mengatakan dia nggak dewasa. Sambil siap-siap mbandingin dengan diri sendiri. Dewasa nggak.

Sampai depan pintu, ternyata dia datang mbawa mobil. Itu artinya, anaknya gak kasian, kan didalam mobil, lagipula bukannya justru bagus mbawa anaknya kemana-mana, dia ngakuin kan kalo di punya anak. Nggak kedinginan atau nelangsa kaya pas naik motor atau angkutan umum malam-malam. Angkutan umum pun kalau taksi juga nggak papa.

Kedua, anaknya bawa jajan banyak banget, dia enggak nelantarin anaknya kan berarti.

“kalo pergi-pergi bawa dia emang pajeknya mahal, tapi kan kasian mau ditinggal”

Nhah, artinya dia sadar sebenarnya dia bisa pergi sendiri dengan budget yang lebih minim daripada mesti mampir indomaret. Indomaret itu kisaran harganya jauh banget lebih mahal dari kopma uny. Padahal kopma uny udah lebih mahal dari mirota kan. Dan kopma uny juga Cuma ada di jogja, artinya ini kejadian ditempat yang nggak ada kopma uny dan mirotanya. (ini katanya, kalo mau itung-itungan si)

Tapi tetap si anak dibawa...

Pas udah lagi ngobrol-ngobrol..

Dia nyeritain kalau dia sudah bercerai, dia nyeritain kalau si anak kangen bapaknya ya ditelfonin, kalau si bapak kangen anaknya trus mau ketemu, ya diketemuin, kalau ada nanya-nanya apa-apa ya di jawab, kalau sms yang dibales, kalau anaknya sakit, ya bapaknya dikabarin. Ngabarin aja, biar tau, orang anak bersama-sekalipun itu merupakan ‘kerepotan’, itu kerepotan yang kita bikin bersama, bukan aku atau kamu doang-, nggak mau bantu juga nggak papa, katanya.

Terus letak enggak dewasanya dimana?.

Temenku nyeletuk nanya ke dia. Emang gak sakit ati?

Sakit ati si ada, tapi ya kita mesti pinter-pinter menyiasati. (bagian ini, nggak jelas ya dia nyiasatin sakit ati pake cara apa, yang jelas kelihatan dia sudah bersiasat, itu aja)

*kesenggol

Eh maksudnya, disenggol temenku, tu Ras... udah nikah lho padahal,.....

Mengkeret, rasanya pingin gali sumur trus masuk kedalamnya. Eh, tapi nggak jadi, maksud temenku ngomong itu apa ya?nggak mudheng...

Itu yang kayak gitu masih dibilang nggak dewasa, mengkeret, jangan2 mereka melihat aku anak bayi, yang udah segitu legawanya aja masih dibilang gak dewasa. Ckckckc!


1 komentar: