Rabu, 21 Desember 2011

dongeng hujan

Dahulu kala ada seorang anak kecil di planet bumi yang takut hujan. Peri-peri dongeng –pendahuluku- dari neptunus yang sedang bertugas di bumi mengetahui akan hal itu,


Kasian sekali anak itu, kalau dari pagi nggak ada matahari, mukanya murung bukan main, artinya dia tau, mungkin hari ini akan hujan, jam 9, jam1, atau nanti malam. Dan itu meresahkannya. Sampai yang paling parah, dia pernah sakit gara-gara ketakutan mendung dan dia yakin, mendung itu akan membawa hujan.

Hujan pasti datang juga, seberapa lamapun mendung mengulur-ulur waktunya.

Solusinya bukan menghilangkan kejadian bernama hujan kan??

Tapi membuat anak itu menerima hujan. Sebab kala itu, hanya anak-anak yang takut hujan, padahal betepa banyak manfaat hujan itu.

Peri dongeng kemudian membuatkan dongeng tentang hujan. Kemudian dikirimkan ke bumi. Mulanya, memang susah, karena badan sensor planet bumi lumayan ribet. Sangat ketat sensornya terhadap banyak hal yang akan masuk bumi.

Tapi berkat kerjasama yang baik antara neptunus dan bumi, hubungan diplomatik yang baik maka hal itu dapat dilewati. Catatan : bumi dan neptunus sudah menjalin hubungan diplomatik yang baik sejak beratus abad lamanya, harap dijaga; yang menyedihkan adalah planet tetangga, planet merkurius tempat tinggal ultraman, belum menjalin hubungan yang baik dengan bumi, mari kita doakan (walaupun ultraman adalah superhero di bumi), ini persoalan eskploitasi TKM (tenaga kerja merkusrius) di bumi. Halah halah.....

Dongeng itu kemudian disebarluaskan ke seluruh penjuru bumi, dari mulut ke mulut. Folklore. Tradisi lisan.

Imbasnya, banyak anak kecil yang mulai menyukai hujan. Hingga terbawa dewasa, mereka suka hujan2an, mereka bilang harum lah bau hujan, romantis lah air hujan, menakjubkanlah tetes hujan, dan lain sebagainya.

Tapi seperti tradisi lisan pada umumnya, ada penambahan, ada pengurangan, bahkan kadang ilang. -Pak wardi yang pernah nawarin ikut lomba dari asosiasi tradisi lisan bilang gitu-.

Dongeng itu mesti muncul kembali di blog ini, sebagai agen resmi dari neptunus, maka dongeng-dongeng yang membawa manfaat dan filosofi (?) kembali diangkat. Bukannya cinderella juga Cuma cerita??

Terlebih, karena ada seorang yang mulai takut hujan.

Postingan berikutnya InsyaAllah, dongengnya.....................

0 komentar:

Posting Komentar