Senin, 05 Maret 2012

10 cara dapat tidur ‘baik-baik’



Artikel ini didapat dengan penelitian yang mendalam dan serius, ini dia 10 cara agar dapat tidur baik-baik. Baik-baik diartikan sebagai sebuah cara tanpa pemaksaan kimiawi, seperti mengkonsumsi obat tidur.

1. Berdoa, tilawah => tilawah mendekati halaman ke 15, air mata meleleh-leleh, biasanya kalo udah gitu, jadi capek, dan pengin tidur. Itu kabar baiknya, sayangnya kembali terjaga setelah meleleh-leleh itu bukanlah suatu hal yang mustahil

2. Baca buku => baca novel yang enak,
agak ngerusak mata juga si, tapi baca sambil tidur, pada manusia normal biasanya hanya butuh sekitar 5-20 menit untuk masuk bandara mimpi. Itu kabar baiknya, kabar buruknya, justru ada yang sampai menulis ulang novel tersebut, tapi tidak pernah bisa tidur.

3. Baca bacaan yang berat => misal, fiqih2 , akan menimbulkan rasa malas yang tinggi, dan akhirnya capek, trus ketiduran. Itu kabar baiknya, tapi ada yang sampai tamat selesai berulang kali tapi gak faham, iyalah, yang baca matanya soalnya, tapi nggak bisa tidur juga.

4. Nonton => tipi bisa, pelm dilaptop bisa, ini akan membuat mata kita capek dan tertidurlah. Kabar baiknya itu, tapi kadang ada mata yang lebih tahan dari stasiun TV manapun.

5. Berantakin kamar. Beresin lagi, berantakin lagi, beresin lagi => itu juga menguras tenaga ya, tubuh yang kelelahan akan mudah tepar dan tertidur. Itu kabar baiknya, tapi tidak jarang ada orang yang puluhan kali berantakin dan ngeberesin lagi kamarnya, bahkan sampai dia bingung model keberantakan apa lagi.

6. Nulis => bagi yang suka hobi nulis, atau yang lagi punya kewajiban nulis skripsi, atau ngerjain tugas, coba deh, biasanya tugas membikin capek dan cepet tidur. Kabar buruknya adalah kadang otak orang yang nggak bisa tidur itu sudah capek sebenernya, buat mikir kayak gituan kagak nyampe.

7. Mandi, keramas => kedinginan akan membuat tubuh butuh selimut yang hangat, bagi orang normal itu keadaan yang parfaict, tapi bagi yang tidak, pilihan lain, dia akan mandi hingga pagi.

8. Penyakit => bagi beberapa manusia lembek yang punya penyakit kambuhan, cara ini dilakukan ketika sedikit agak frustasi dengan keadaan dia gak bisa tidur, jadi dia semacam ingin mengundang penyakit-penyakit kambuhannya yang biasanya akan membawa dia ke alam tidur karena kelelahan fisik setelah melawan dengan keras kesakitan akibat kelelahan kambuhannya itu. Agak beresiko si, itu tadi bisa jadi tidur, atau bisa jadi kesiksa sampe pagi. Hehe

9. Cari angin => untuk perempuan, kata murobi saya, perempuan akan gampang tepar kalau sudah kena angin malam, jadi tantang angin malam manapun deh, battle. Kemungkinan lain si, masuk angin doang tapi tetap gak bisa tidur.

10. Cari kesibukan yang luar biasa sibuk dipagi harinya => ini membuat tubuh kamu benar2 kelelahan dan harus tidur, misal, kamu udah pergi dari jam5 pagi, angkut2 dipasar, habis itu belanja, masak, kekampus, dikampus berusaha seaktif mungkin, jika sebenarnya kamu gak perlu lari, silahkan lari, biar terkesan sibuk, kamu usahakan cari ketemuan2 dgn org2 dilantai tiga, sehingga kamu harus lewat tangga, usahakan sholat dimasjid UGM jika kamu anak UNY, atau masjid lain yag jauh dari jangkauan, carilah banyak hal-hal baru, seperti menghitung berapa tapak kaki jarak antara FIK dan FT, dsb. Tapi sayangnya hal itu tidak selalu manjur, badan sudah sangat lelah, otak juga, tapi tidak ada yang bersedia berkonspirasi untuk melelapkan tidur, walhasil seluruh kecapekan itu terakumulasi hingga pagi, hingga esok paginya, hingga seminggu, hingga sebulan. Hal ini perlu diwaspadai, karena akumulasi kecapekan yang tidak diistirahatkan akan mematikan produktifitas, membuntukan akal sehat, menjadikan mudah galau, sensitif, sehingga orang-orang model tersebut biasanya akan melampiaskan anda sebagai sasaran ketidakjelasan mereka. Masih mending, model yang tadi, lain lagi, kelelahan yang tidak teristirahatkan itu terakumulasi dalam benak yang gaduh, benak doang, nggak terlahir, suatu saat dia akan meledak tergantung daya tahan. Tinggal tunggu, sebulan, dua bulan, setahun, yah nggak ada yang tau pasti



*cara terakhir adalah mintalah algojo untuk menempeleng kamu, yang kira-kira bisa membuat kamu tidak sadarkan diri satu pekan. Ini cara yang tidak baik-baik.



Sekian artikelnya. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar