Sabtu, 02 Juni 2012

catatan kecil-dari workshop kepenulisan


Menulis itu hanya sarana, yang pokok adalah proses tranformasi ide, pemikiran dan inspirasi –jusman dalle-

 Bisa ketebak tulisan ini dihasilkan dari mana, dari kursi merah di sebelah ketua bem km yang warna bajunya matching sama kursinya, di sebuah ruangan bernama ki hajar dewantara. Ini workshop kepenulisan.

Selalu ada yang menarik ketika seorang penulis bicara. Pertama, mereka tidak semengalir –atau bahkan semenarik- para trainer bicara. Kedua, pasti saya nyambung dari pada kalau ada orang ngomongin nasyid atau anggaran. Ketiga, kata orang dibelakang saya; mas nya ngganteng. Hadheeeh...


Tapi betul, sebab menulis itu mesti punya ideologi, jadi kalau kayak gitu, menulis Cuma sarana nyampein ideologi kita (apapun ideologinya). Menyedihkan sekali buat mereka yang menulis atas alasan ekonomi, atau alasan sosiologis; kepengin terkenal. Meski nggak mustahil itu bisa menimpa para penulis; maksudnya jadi kaya dan terkenal karena menulis. Ya, kaya kita tau kan JK Rowling atau Andrea Hirata. Tapi itu Cuma efek lah...

Kalau yakin kebaikan yang kita berikan ke orang lain bakal balik ke kita lagi, maka apa artinya uang, pujian dan atau kepopuleran. Ini si bagi yang percaya kalau kebaikan itu bermanfaat buat orang lain, sementara bermanfaat itu syarat menjadi sebaik-baik orang -baliknya ke ayat alquran deh, sebaik-baik manusia itu yang bermanfaat buat orang lain-. Iya nggak si.

Tapi dari sekian banyak hal yang diungkapkan. Dari raditya dika, dewi dee lestari, dan sekarang jusman dalle, mereka pasti sepakat kalau penulis itu mudah terganggu. Mudah terganggu dalam asti, mereka nggak nyaman-nyaman melihat sesuatu yang kelihatan baik-baik saja. Mereka itu peka, sebab inspirasi itu adanya, lebih rapat dari udara. Maka nggak heran kalau Jusman dalle sendiri bilang, hobi dia berpikir, jadi, dia suka jalan-jalan, ngeliat-liat trus dipikirin trus ditulisin. Kalau ada yang masih pake alasan nggak ada inspirasi, dia pasti bukan hidup di bumi. *oiy, di neptunus aja ada ide.

Udah dulu, mau liat wisudaan.

0 komentar:

Posting Komentar